Kamis, 11 Maret 2010

LAPISAN TCP/IP

TCP / IP terdiri dari 4 lapisan kumpulan protocol yang bertingkat, ke 4 lapisan tersebut adalah sebagai berikut.
1. Lapisan Antarmuka Jaringan (Network Interface Layer). Lapisan ini sering disebut juga link layer paling bawah yang bertanggung jawab mengirim dan menerima data ke dan dari media fisik. Media fisiknya dapat berupa kabel, serat optik, atau gelombang radio. Protokol pada lapisan ini harus mampu menjadi data digital yang dimengerti komputer yang berasal dari peralatan lain yang sejenis.
2. Lapisan Internet (Internet Layer). Protokol yang berada pada lapisan ini bertanggung jawab dalam pengiriman paket ke alamat yang tepat. Pada lapisan ini terdapat tiga macam protokol yaitu IP (Internet Protocol), ARP (Address Revolution Protocol), dan ICMP (Internet Control Message Protocol).
3. Lapisan Transport (Transport Layer). Lapisan ini berisi protokol yang bertanggung jawab untuk mengadakan komunikasi antara dua host. Kedua protokol yang terdapat pada lapisan ini adalah TCP (Transmission Control Protocol) dan UDP (User Diagram Protocol)
4. Lapisan Aplikasi (Application Layer). Pada lapisan ini pengguna memakai semua aplikasi yang disediakan oleh layanan TCP/IP. Program aplikasi akan memilih jenis protokol tranportasi yang diperlukan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

About Me

Foto Saya
Endrybelajar
Klaten, Central Java, Indonesia
Nama : Endri Ariyanto Alamat : Soprayan, Kahuman, Ngawen, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia. Universitas : Universitas Widya Dharma Klaten on Mipa Fakultas.
Lihat profil lengkapku