Senin, 22 November 2010

UBUNTU 7.10 ( GUTSY GIBBON )


Pada atnggal 15 oktober 2007 ubuntu merilis versi terbarunya yaitu diberi nama Gusty Gibbon dengan kode nomor 7.10, menggunakan icon siamang. Ubuntu 7.10 menggunakan desktop manager terbaru GNOME 2.20 yang berisi berbagai fitur baru dan perbaikan signifikan. Fitur yang cukup mengagumkan dari Ubuntu adalah tersedianya Desktop 3D Effect yang akan aktif secara default segera setelah menginstall driver video untuk kartu grafis. Penggunaan software Compiz Fusion juga akan membuat tampilan dari Ubuntu terkesan lebih wah dengan tampilan 3D yang menurut beberapa orang yang pernah saya baca di milis bahkan lebih keren dari Aero-nya Windows Vista.

Fitur lainnya adalah Desktop Search atau dinamakan juga Tracker. Fitur ini memungkinkan untuk akses cepat ke berbagai perintah umum seperti membuka bookmark web dan pencarian, mengirim pesan ke kontak dan sebagainya. Tracker memudahkan aktivitas komputer dengan pencarian yang lebih cepat untuk dokumen, musik, video, foto, catatan chat dan berbagai file lainnya.
Pada UBuntu 7.10, pengguna akan semakin mudah untuk pindah user account berkat perbaikan dan desain ulang dari fasilitas Fast User Switching. Fungsi baru yang diimplementasikan pada Ubuntu 7.10 membantu kita untuk lebih mudah berganti session user account tanpa rasa jengkel dengan memasukkan username dan password yang membutuhkan banyak waktu. Tampilan Splash dan Log-in juga di desain ulang sehingga lebih menarik.

Seringkali pengguna Linux yang baru merasa kesulitan dalam hal kompabilitas printer yang dimiliki. Pada Ubuntu 7.10, perasaan tersebut akan mulai hilang karena telah diperbaiki dan dukungan penuh instalasi otomatis untuk banyak jenis printer. Pengguna juga akan mudah mengkonfigurasi monitor dan video card dengan Graphical Configuration Tool for X. Fitur ini akan membantu untuk melakukan konfigurasi secara mudah pada tiap aspek berdasarkan kartu grafis dan monitor yang dimiliki.

Jika kita masih membutuhkan aplikasi berbasis Windows untuk pekerjaan tertentu, tersedia software Wine (Windows Emulator). Wine memungkinkan untuk bisa menjalankan aplikasi Windows tanpa perlu menggunakan sistem operasi Windows. Ketika menginstall Wine pada Ubuntu 7.10, akan terdapat menu Wine pada launcher yang menampilkan semua aplikasi windows yang terinstall. Aplikasi Wine ini akan membuat folder Windows virtual dalam Linux yang juga bisa diakses oleh pengguna.
Sebelumnya, file system Windows yang bisa untuk operasi tulis dari Linux adalah FAT atau FAT32, sedangkan NTFS hanya bisa untuk dibaca saja tidak bisa ditulis. Sekarang, pada Ubuntu 7.10 hal itu sudah bisa dilakukan secara default.

Ubuntu juga dikenal memiliki tingkat security tinggi, fitur baru untuk security adalah encrypted hard disk, fitur untuk mengenkripsi hard disk agar tidak bisa dibaca atau diakses oleh user yang tidak sah. Fitur lainya adalah AppArmor security framework, teknologi kernel baru yang membatasi sumber daya pada aplikasi sekarang juga bisa diakses.

0 komentar:

Posting Komentar

 

About Me

Foto Saya
Endrybelajar
Klaten, Central Java, Indonesia
Nama : Endri Ariyanto Alamat : Soprayan, Kahuman, Ngawen, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia. Universitas : Universitas Widya Dharma Klaten on Mipa Fakultas.
Lihat profil lengkapku