Senin, 22 November 2010

UBUNTU 8.04 ( HARDY HERON )


Pengembang Ubuntu adalah desktop Linux berbasis Debian GNU/Linux yang lengkap, tersedia bebas baik untuk komunitas maupun dengan professional support. Komunitas Ubuntu mengacu pada Manifesto: bahwa software harus tersedia bebas, dan software tools harus dapat digunakan oleh ummat dengan bahasa setempat dan siapa saja memiliki kemerdekaan untuk melakukan modifikasi dan kustomisasi. Ubuntu belum lama memperbaharui versi 8.04.2 LTS yang juga dikenal dengan julukan Hardy Heron. Versi yang diterbitkan merupakan update resmi kedua sejak keberadaannya dibulan April 2008 dan merupakan komitmen untuk edisi LTS (Long Term Supports) dengan jangka waktu pemeliharaan yang panjang.

Dibandingkan dengan update sebelumnya sekitar 6 bulan lampau, pengembang telah me-revisi sekitar 200 kasus perbaikan terhadap kekliruan. Disamping update sekuriti terdapat sejumlah koreksi terhadap aneka komponen. Media instalasi dibangun ulang agar pemasangan baru tidak perlu mengaktualisasi terlalu banyak komponen.Hardy Heron sebagai Ubuntu 8.04.x LTS menjanjikan dukungan panjang yaitu tiga tahun untuk desktop dan lima tahun untuk server dan menurut perhitungan, masing-masing akan jatuh tempo pada bulan April 2011 (desktop) das April 2013 (server). Edisi regular mendapat dukungan hanya selama 18 bulan saja.

Perubahan utama untuk update 2 dari Ubuntu 8.04.2 LTS terdiri dari perbaikan sekuriti, meluruskan kekliruan yang dilaporkan, aktualisasi dan penambahan driver di kernel dan update untuk desktopGNOME (atau GNU Network Object Model Environment) adalah sebuah computer desktop environment untuk sistem operasi UNIX dan UNIX-like seperti Linux, BSD dan Solaris. GNOME adalah desktop resmi dari proyek GNU. Proyek GNOME dimulai sejak Agustus 1997 oleh Miguel de Icaza dan Federico Mena dengan tujuan menyediakan free software desktop untuk sistem operasi GNU/Linux. Dua jenis lingkungan yang disediakan GNOME adalah: (1) The GNOME desktop environment, sebuah intuitive dan attractive desktop untuk end-users, dan (2) the GNOME development platform, sebuah framework yang luas untuk membangun aplikasi yang dapat diintegrasikan diseputar desktop.KDE (K Desktop Environment) adalah free desktop environment and development platform dibangun menggunakan perkakas Qt dari perusahan Trolltech. Jalan hampir di semua sistem Unix dan Unix-like seperti Linux, BSD dan Solaris. Juga tersedia ports untuk Mac OS X menggunakan lapisan X11 layer dan Microsoft Windows menngunakan Cygwin.' KDE (3.5.10) dan klien email Mozilla Thunderbird adalah sebuah cross-platform email and news client bebas yang dikembangkan oleh yayasan Mozilla Foundation dengan strategi serupa dengan Mozilla Firefox, sebuah proyek web browser bebas. Seperti Firefox yang memberi nuansa baru untuk sebuah web browser, Thunderbird menyempurnakan antarmuka untuk mail dan news. Versi 1.0 dirilis 7 Desember 2004 langsung popular didownload lebih dari setengah juta dalam 3 hari dan 1 juta dalam 10 hari pertama setelah rilis. (2.0.0.17). Update juga dilakukan di program instalasi, misalnya terhadap masalah saat memasang Bootloaders yang kini telah dituntaskan

0 komentar:

Posting Komentar

 

About Me

Foto Saya
Endrybelajar
Klaten, Central Java, Indonesia
Nama : Endri Ariyanto Alamat : Soprayan, Kahuman, Ngawen, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia. Universitas : Universitas Widya Dharma Klaten on Mipa Fakultas.
Lihat profil lengkapku